Pengertian Pemasaran (marketing) Serta Tujuannya
Pengertian Pemasaran (marketing) Serta Tujuannya
Pemasaran (marketing) Serta Tujuannya. Pemasaran sebagaimana yang kita ketahui, merupakan inti dari sebuah usaha. Tanpa pemasaran tidak ada yang namanya perusahaan, akan tetapi apa yang dimaksud dengan pemasaran itu sendiri orang masih merasa rancu. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Pemasaran, Strategi pemasaran, Tujuan Pemasaran serta Faktor Strategi Pemasaran.
Definisi Pemasaran
Menurut Kotler Pengertian pemasaran adalah Suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk dengan pihak lain “.
Pemasaran (marketing) adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.
Pemasaran berarti bekerja dengan pasar untuk mewujudkan pertukaran potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Definisi Pemasaran menurut Harper W adalah “Suatu proses sosial yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan indidvidu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain dan untuk mengembangkan hubungan pertukaran”.
Pengertian Pemasaran menurut W. Y. Stanton adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Secara Umum menjelaskan bahwa pemasaran merupakan proses kegiatan usaha untuk melaksanakan rencana strategis yang mengarah pada pemenuhan kebutuhan konsumen melalui pertukaran dengan pihak lain.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan di mana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karna potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap pendapatan masyarakat.
Tujuan Pemasaran
Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
Perusahaan dapat menjelaskan secara detail semua kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Faktor Strategi Pemasaran
Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.
Berikut ini adalah hal-hal yang perlu
diperhatikan untuk pemasaran :
Dari sudut pandang penjual :
Tempat yang strategis (place),
Produk yang bermutu (product),
Harga yang kompetitif (price), dan
Promosi yang gencar (promotion).
Dari sudut pandang konsumen :
Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
Biaya konsumen (cost to the customer),
Kenyamanan (convenience), dan
Komunikasi (comunication).
Dari apa yang sudah dibahas di atas ada beberapa hal yang dapat disimpulkan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan. Pemasaran yang berkesinambungan harus adanya koordinasi yang baik dengan berbagai departemen (tidak hanya di bagian pemasaran saja), sehingga dapat menciptakan sinergi di dalam upaya melakukan kegiatan pemasaran.
Pengertian Penjualan dan Pemasaran Menurut Para Ahli
Pengertian Penjualan dan Pemasaran
Menurut Ahli – Penjualan merupakan kegiatan yang terinegrasi untuk
mengembangkan rencana-rencana penting yang ditujukan kepada usaha pemuas
kebutuhan dan keinginan pembeli/konsumen, gunanya adalah untuk memperoleh
penjualan yang bisa menghasilkan keuntungan atau laba.
Atau pengertian penjualan ialah
suatu kegiatan transaksi yang dilakukan oleh 2 (dua) orang atau lebih denga
memakai alat pembayaran yang sah. Penjualan juga merupakan salah satu sumber
dari pendapatan seseorang atau perusahaan yang melangsungkan transaksi jual
beli. Dalam suatu perusahaan ataupun perorangan jika penjualannya besar maka
pendapatan atau laba yang diperoleh perusahaan atau seseorang tersebut sangat besar
pula.
Pengertian Penjualan
Tujuan utama dari penjualan adalah
untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dari produk atau jasa yang
dijualnya. Akan tetapi mutu dan kualitas barang dan jasa yang akan dijual harus
benar-benar terjamin. Setiap perusahaan harus mempunyai tujuan penjualan yang
ingin dicapai.
Pengertian Pemasaran
Pemasaran
ialah suatu proses kegiatan yang terpadu, menyeluruh dan terencana yang
dilaksanakan oleh institusi untuk menjalankan usaha. Gunanya untuk memenuhi
kebutuhan pasar dengan cara menciptakan produk-produk, menetapkan harga,
mongkomunikasikan, dan mendistribusikannya melalui kegiatan pertukaran untuk
memuaskan konsumen dan juga perusahaan.
Konsep
inti pemasaran ialah meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi,
utilitas, nilai dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pasar
dan pemasaran. Bisa dibedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Pengertian kebutuhan ialah suatu keadaan yang dirasakan dari ketiadakan
kepuasan dasar tertentu. Selanjutnya keinginan ialah suatu kehendak yang kuat
akan pemuas yang terperinci terhadap berbagai macam kebutuhan yang lebih
mendalam. Dan yang terakhir permintaan merupakan suatu keinginan akan produk
atau jasa yang terperinci yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membeli produk atau jasa tersebut.
Jenis – Jenis
Penjualan
- Trade selling: merupakan
suatu jenis penjualan yang dilakukan oleh pedagang kepada grosir, tujuan
utamanya untuk dijual kembali.
- Tehnical selling: merupakan suatu cara atau usaha-usaha untuk
meningkatkan penjualan dengan cara memberikan saran dan nasehat kepada
konsumen atau pembeli akhir dari barang dan jasanya. Dalam hal yang satu
ini wirausaha tersebut mempunyai tugas utama untuk mengidentifikasi dan
juga menganalisa segala macam masalah yang dihadapi oleh pembeli lalu
setelah itu menunjukkan bagaimana produk atau jasa yang ditawarkan bisa
mengatasi masalah si konsumen dan pembeli.
- Missionary selling: merupakan suatu bentuk wirausaha dimana pengusaha atau
perusahaan berusaha untuk meningkatkan penjualannya dengan cara mendorong
pembeli dan tentu saja untuk membeli produk atau jasanya. Dalam hal ini
pengusaha atau perusahaan yang bersangkutan memiliki penyalur tersendiri
dalam menyalurkan atau mendistribusikan produk maupun jasanya.
- New business selling: merupakan suatu usaha-usaha untuk membuka transaksi
batu dengan cara mengubah seorang calon konsumen menjadi konsumen.
Pengertian
Pemasaran Menurut Para Ahli
Adapun
pengertian pemasaran menurut para ahli akan dijabarkan berikut ini:
1. William J.
Stanton
Pemasaran
merupakan sistem keseluruhan dari berbagai kegiatan bisnis atau usaha yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga barang atau jasa,
mempromosikannya, dan mendistribusikannya kepada konsumen dan bisa memuaskan
konsumen.
2. Kotler &
Amstrong
Pemasaran
merupakan sebuah proses managerial yang orang-orang didalamnya mendapatkan apa
yang mereka inginkan & butuhkan melalui penciptaan & pertukaran
produk-produk yang ditawarkan & nilai produknya kepada orang lain.
3. Philp Kotler
Suatu
kegiatan manusia yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat melalui
proses pertukaran.
4. Philip &
Duncan
Pemasaran
merupakan sesuatu yang terdiri dari segala langkah yang digunakan untuk
menempatkan barang yang dijualbelikan ke tangan pembeli atau konsumen.
5. Wikipedia
Dalam
wikipedia menyatakan bahwa pemasaran adalah suatu proses penyusunan komunikasi
yang terpadu & tujuannya untuk memberikan informasi tentang barang atau
jasa yang diperjualbelikan yang kaitannya untuk memuaskan keinginan &
kebutuhan masyarakat.
6. Kamus Besar
Bahasa Indonesia (KBBI) Th.2008
Pemasaran
ialah proses; cara; perbuatan dalam memasarkan barang dagangan; perihal
menyebarluaskan di tengah-tenganh masyarakat pada umumnya.
7. Firdaus
Firdaus
mengatakan pemasaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang
seperti halnya pengusaha guna mempertahankan kelangsung hidup serta memenuhi
kebutuhan dan juga mendapatkan laba (keuntungan).
8. Hair dan
Mc. Daniel
Marketing
is the process of planning and executing the conception, pricing promotional and
distribution of ideas, goods and service to create exchanges that satisty
individual and organizational objectives.
9. Basu dan
Hani
Pendapat
lain juga dikemukakan oleh dua tokoh diatas mengenai pengertian pemasaran yang
meliputi dari proses kegiatan perencanaan dalam pengelolaan barang dan jasa,
penetapan banderol harga dari barang dan jasa tersebut hingga proses promosi
maupun pendistribusiannya yang keseluruhannya memiliki tujuan untuk memenuhi
kebutuhan maupun memperoleh keuntungan dari proses pemasaran tersebut.
10. Swasta
Dalam
sebuah buku terbitan Swasta juga dirujuk definisi pemasaran yang juga mengarah
ke sebuah aktivitas pemenuhan kebutuhan (pemuas kebutuhan) baik dari penjual
dan pembeli yang keduanya melakukan serankaian proses baik tawar menawar maupun
tukar menukar dengan maksud mengadakan hubungan untuk mendapatkan keuntungan
demi memenuhi kebutuhan.
11. Assauri
Merujuk
pada pengertian manajemen pemasaran yang bisa dikatakan mememiliki proses yang
lebih komplek karena tentunya terdapat perencanaan dan evaluasi, sebuah
pemasaran juga dapat dikatakan demikian karena juga mencangkun hal perencanaan,
pelaksanaan, serta distribusi baik dalam hal pertukaran maupun hubungan yang
cenderung kearah keuntungan demi dapat memenuhi kebutuhan.

